Home » » PSU 18 DISTRIK DI KABUPATEN TOLIKARA DILAKSANAKAN TGL 16 MEI

PSU 18 DISTRIK DI KABUPATEN TOLIKARA DILAKSANAKAN TGL 16 MEI

Written By Unknown on Jumat, 14 April 2017 | April 14, 2017


Pilkada Kabupaten Tolikara yang digelar setentak pada 15 Februari 2017 yang lalu berujung di Mahkamah Konstitusi. Kemenangan Pasangan MANIS (Usman G. Wanimbo dan Dinus Wanimbo) harus ditangguhkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) setelah adanya upaya hukum yang ditempuh oleh Pasangan Calon nomor urut 3, Jhon Tabo dan Barnabas. Isi gugatan di MK untuk mendiskualifikasi atau dihanguskan suara masyarakat di 18 Distrik yang dianggap bermasalah oleh Pemohon.
KPUD kab Tolikara berjuang meyakinkan MK, bahwa suara di 18 distrik itu adalah murni dan merupakan hak politik rakyat yang harus dihargai sehingga tidak boleh didiskualifikasi atau dihanguskan hanya untuk mengejar kekuasaan.
MK akhirnya menolak permintaan pasangan no 3 dan memutuskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di 18 distrik
KPU Provinsi Papua dalam hal ini ditunjuk selaku pelaksana PSU yang mengambil alih tugas dan wewenang dari KPUD Tolikara bersama Bawaslu Provinsi Papua yang juga mengambil alih tugas dan wewenang Panwas Kabupaten Tolikara hadir membahas rencana pelaksanaan PSU di Kabupaten Tolikara.
Dalam hasil Rapat Koordinasi Pemda dan KPUD Tolikara yang dilaksanakan hari ini, kamis (13/04/2017) di Aula Kantor KPU Provinsi Papua ditetapkan waktu pelaksanaan PSU pada 16 Mei 2017. Adapun rencana penganggaran diperkirakan mencapai 20 M lebih yang berasal dari anggaran Pemerintah Kabupaten Tolikara.
"Kebutuhan PSU yang direncanakan sekitar 16 M lebih itu belum termasuk beberapa kebutuhan lainnya. Idealnya bisa mencapai 20 M yang akan direvisi oleh Sekretaris KPU Tolikara yang akan diapprove oleh KPU Tolikara", jelas Ketua KPUD Tolikara. (Plh) Beatrix Wanane.
Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Usman G. Wanimbo hadir juga selaku Bupati Tolikara menyambut positif hasil pertemuan Rapat Kordinasi tersebut. Dan berkenaan jadwal pelaksanaan yang ditetapkan pada 16 Mei 2017 mendatang, Pemerintah Tolikara mengaku siap untuk melaksanakannya.
"Itu kita siap sekali. Pelaksanaan tanggal 16 itu kita siap. Saya minta pelaksanaannya lebih cepat lebih baik", tegas Usman G. Wanimbo.
(Sumber foto : Tiara )
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. Portal Berita Tolikara No. 1 Majalah Toli - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger